BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
rangka penyelenggraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi
tuntutan masyarakat dan Negara, maka diselenggarakan program-program
pendidikan umum. Dengan tidak mengurangi makna penting tugas (Dharma)
yang kesatu dan kedua yaitu pendidikan dan pengajaran serta penelitian,
yang langsung berhubungan dengan masyarakat adalah dharma yang ketiga,
pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa perguruan
tinggi (mahasisiwa) harus mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat.
Hubungan ini meliputi semua manifestasinya.
Oleh
karena itu, perlu mempersiapkan mahasiswanya sedini mungkin guna
menghadapi realitas tersebut dan agar terciptanya sosok mahasiswa yang
cerdik lagi kritis ditengah-tengah masyarakat.
Memang
disadari Ilmu Alam Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar
dianggap sangat perlu sekali dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan
penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap
kritis terhadap gejala-gejala essensial alam, dan mempunyai sifat yang
kritis terhadap dinamika-dinamika sosial dan budaya.
B. Tujuan
1.
Tujuan Ilmu Alamiah Dasar adalah Dengan mempelajari tentang pengetahuan
ini, maka diharapkan akan dapat memahami perkembangan penalaran manusia
terhadap gejala-gejala Alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang
merupakan ciri khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
2. Tujuan
Ilmu Budaya Dasar adalah Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa
terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan
diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk kepentingan profesi
mereka.
3. Tujuan
Ilmu Sosial Dasar adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta
perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai
berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya
gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap,
presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
Dalam
kesempatan makalah ini, kami ingin mengupas tentang pengertian IAD, IBD,
ISD; tujuan IAD, IBD, ISD; ruang lingkup materi IAD, IBD, ISD; serta
urgnesi IAD, IBD, dan ISD bagi mahasiswa.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian IAD, IBD, dan ISD
1. Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau
sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir ini ada juga yang
menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains.
Ilmu
Pengetahuan Alam Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang
gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga
terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
2. Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Kebudayaan
ataupun yang disebut peradaban mengandung pengertian yang luas,
meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang kompleks, meliputi
pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat istiadat (kebiasaan),
dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
Budaya
menurut Kroeber dan Klukhan (1950) adalah kebudayaan terdiri atas
berbagai tingkahlaku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh
dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya
secara terdiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk didalamnya
perwujudan benda-benda materi; pusat esensi kebudayaan terdiri atas
tradisi cita-cita atau paham dan terutama keterkaitan terhadap
nilai-nilai.
Pendek
kata kebudayaan dalam kaitannya dengan ilmu budaya dasar adalah
penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani; tercakup
didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik
maupun sosial.
3. Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu
Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,
khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang
berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi
social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
B. Tujuan IAD, IBD, ISD
1. Tujuan IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Tujuan Instruksional Umum
Dengan
mempelajari tentang pengetahuan ini, maka diharapkan akan dapat
memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam
sampai terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari ilmu
pengetahuan Alam.
b. Tujuan Instruksional Khusus
1). Dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia.
2). Dapat menjelaskan perkembangan alam piker manusia dalam
memenuhi kebutuhan terhadap “Rahasia ingin tahu”nya.
3). Dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan
masyarakat.
2. Tujuan IBD (Ilmu Budaya Dasar)
a. Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka
akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,
terutama unyuk kepentingan profesi mereka.
b. Memberi
kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan
mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya
kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal
tersebut.
c. Mengusahakan
agar para mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta
ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena
ruanglingkup pendidikan kita amat dan condong membuat spesialis yang
berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan
mahasiswa untuk menanggapi maslah dan nilai-nilai umumnya.
d. Menjebatani
para akademisi kita agar mereka mampu berkomunikasi satu sama lain.
Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan
lebih lancar dalam hal berkomunikasi. Kalau carea berkomunikasi ini
baik, komunikasi selanjutnya akan lebih memperlancar pelaksanaan
pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun spesialisasi sangat
penting, spesialisasi yang terlalu sempit akan membuat dunia seorang
sarjana menjadi terlalu sempit.
3. Tujuan ISD (Ilmu Sosial Dasar)
a. Tujuan
umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan
dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian,
pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul
dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan
orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan
lingkungan social dapat dipertajam.
b. Tujuan khusus:
1). Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2). Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3).
Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat
selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4).
Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin
dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan
maslah social yang timbul dalam masyarakat.
C. Ruanglingkup Materi IAD, IBD, ISD
1. Ruanglingkup Materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Kelahiran alam semesta
1). Mengenal alam semesta
2). Teori terbentuknya alam semesta
a). Teori ledakan
Teori
ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat
besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini. Massa itu
kemudian berserakan mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat
ledakan.
b). Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa kontraksi” diduga bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
b. Tata surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata surya berarti adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari.
Terbentuknya tata surya:
1). Hipotesis Nebular
2). Hipotersis Planettesimal
3). Teori Tidal
c. Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
1). Teori Kant Laplace
Dialam
raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama makin mendingin.
Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian kutub-kutubnya dan
menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan daerah paling
tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut akan
terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil kondensasi akhirnya,
menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal tersebut
menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet.
2). Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi, teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3). Teori Jean dan Jefreys
Bintang
besar yang jauh lebih besar dari matahari memiliki gaya tarik yang
sangat kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang pasang
pada permukaan matahari yang menyerupai gunung yang sanat tinggi dan
menyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas selanjutnya
mengalami pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri yang
disebut planet.
d. Asal mula kehidupan dibumi
1). Generation Spontaniea
2). Cozmozoa
3). Omne Vivum ex Vivo
4). Omne Ovo ex Vivo
2. Ruanglingkup Materi IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities. Humanities berasal dari kata latin humanus
yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan
mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan seseorang menjadi lebih
manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a. Berbagai
aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam
kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam,
social, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan,
tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai
bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
3. Ruanglingkup Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:
a. Kenyataan-kenyataan
social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan
maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering
ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya
perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social
dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn
untuk mempelajari masalah-masalah social.
Sebagai
contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman,
dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas,
maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku
baik secara individual maupu kelompok.
2). Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan
dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik,
kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c. Masalah-masalah
social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
D. Urgensi IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa
1. Urgensi IAD (Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu
Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji tenang gejala-gejala alam
disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang ada disekitar maka
pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab dengan adanya
pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari manusia
yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya
sementara saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.
Bagi
Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini sangat urgen sekali mahasiswa
yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis diharap mampu menjawab
pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat
penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam
agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga
dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap
mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini
menjadi sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk
mengejar ilmu alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam
kencah internasional.
2. Urgensi IBD (Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti
yang kita ketahui manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Sebenarnya
kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri manusia kedalam
materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan menjadi
warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa
kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari
keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu.
Ilmu
Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi Mahasiswa karena orientasi
Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari lingkungan yang berbudaya
tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi mereka.
Urgenitas
yang sangat vital bagi Mahasiswa dalam mempelajari Ilmu ini adalah
karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap masalah-masalah
kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka tehadap
persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga
mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan
Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh
kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha
ini terjadi karena ruanglingkup pendidikan kita amat sempit dan condong
membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah
ini berusaha menambah kemampuan Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan
nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat mereka.
3. Urgensi ISD (Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu
Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru yang
dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Dasar
ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system
pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah
ilmu-ilmu social yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai
sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang
berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Urgenitas
ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar ata
pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat
tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternative pemecahan
masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan
pengetahuan yang didapat melalaui ISD, diharapkan para Mahasiswa akan
mapu mengorientasikan diri berkat pengahayatannya terhadap arah
perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan diri secara mapan
paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan itu harus
ditempuh. Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks,
baik yang bersifat local, regional, nasional maupun internasional
seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas.
Kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan
pergolakan politik, merupakan masalah-masalah social yang harus dilihat
serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu
sama lain.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Pengertian IAD, IBD, ISD Adalah
1.
Pengertian Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji
tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini,
sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
2.
Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah penciptaan, penertiban, dan
pengolahan nilai-nilai insani ; tercakup didalamnya usaha memanusiakan
diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun social.
3.
Pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian yang
berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-ilmu sosial.
2. Ruang lingkup Materi IAD, IBD, ISD Adalah
1. Ruanglingkup
materi Ilmu Alamiah Dasar adalah Kelahiran alam semesta, terbentuknya
tata surya, teori terbentuknya bumi, asal mula kehidupan dibumi.
2. Ruanglingkup
Ilmu Budaya Dasar adalah Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan
menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
3. Ruanglingkup
Ilmu Sosial Dasar adalah Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam
masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu.
Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda
oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
B. SARAN
1.
Ilmu Alamiah Dasar bagi Mahasiswa adalah diharap mampu menjawab
pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?”. Ilmu ini juga sangat
penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam
agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga
dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap
mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini
menjadi sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk
mengejar ilmu alam dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam
kencah internasional
2. Ilmu
Budaya Dasar bagi Mahasiswa adalah karena ilmu ini memberi pandangan
yang luas terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka tehadap persoalan-persoalan yang
menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan agar para Mahasiswa,
sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang
disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin yang ketat.
3. Ilmu
Sosial Dasar bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar atas
pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat
tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternatif pemecahan
masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayati, Marwadi. 2007. Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar. CV. Pustaka Setia. Bandung.
Jasin, Maskoeri. 1987. Ilmu Alamiah Dasar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Noor, Arifin. 2007. Ilmu Sosial Dasar. Pustaka Setia. Bandung.
Pandoyo, Sumbawi. 1987. Ilmu Alamiah Dasar. Usaha Nasional. Surabaya.
Soelaeman, Munandar. 2007. Ilmu Budaya Dasar.PT. Refika Aditama. Bandung.